Soal & Tugas UTS : MANAVESTA (Manajemen Investasi)

aku bisa

1. Pengertian Manavesta
a. Jelaskan pengertian dan unsur-unsur dalam pengertian investasi dan manajemen investasi ! Apa yang dimaksud dengan pernyataan “the investment is Allah makes money get money”?
b. Jelaskan apa yang sdr ketahui tentang the cashflow quadrant-nya Robert T. Kiyosaki ! Jelaskan pula apa bedanya left quadrant dengan right quadrant?

2. Memulai Berinvestasi
a. Jelaskan apa yang perlu dipersiapkan ketika hendak memulai berinvestasi, dan kapan sdr merasa sudah siap untuk memulai berinvestasi !
b. Jelaskan pula bagaimana cara memulai berinvestasi itu, dan apakah sdr sudah memulainya? Sebut dan jelaskan apa saja sampai saat ini yang sudah sdr lakukan untuk memulai berinvestasi itu !

3. Tabungan & Deposito
a. Apakah tabungan dan deposito itu? Apa yang dimaksud rumus P-S=B ? Menurut sdr, apakah rumus itu penting dan harus dilaksanakan? Mengapa?
b. Jelaskan pendapat sdr, apakah tabungan dan/atau deposito itu termasuk instrumen investasi? Mengapa? Jelaskan !

4. Produk Investasi & Resikonya
a. Sebut dan jelaskan macam-macam produk/instrumen investasi yang sdr ketahui beserta masing-masing resikonya !
b. Menurut sdr, ketika sudah siap berinvestasi, sdr akan memulainya dengan memilih produk investasi apa? Mengapa? Jelaskan alasan sdr !

5. Obligasi/Sukuk
a. Apakah obligasi/sukuk itu? Jelaskan pula kelebihan dan kekurangan (resiko) jika berinvestasi di obligasi/sukuk, dan bagaimana cara sdr untuk meminimalkan resiko itu?
b. Jelaskan langkah-langkahnya kalau sdr hendak berinvestasi di obligasi/sukuk !

6. Reksadana
a. Apakah reksadana itu? Jelaskan pula macam-macam produk reksadana yang sdr ketahui beserta masing-masing resikonya !
b. Jelaskan langkah-langkahnya kalau sdr hendak berinvestasi di reksadana ! Jelaskan pula macam produk reksadana yang sdr pilih, beserta alasannya !

7. Beberapa Istilah
Jelaskan maksud beberapa istilah berikut ini :
a. Pay yourself first
b. Passive income
c. Financial freedom

Catatan :
Pekerjaan/jawaban soal/tugas tersebut di atas harus sudah diserahkan selambat-lambatnya pada saat UTS (sesuai jadwal), bisa dikumpulkan secara tertulis (diserahkan kepada pengawas ujian) atau dikirim ke email dosen penguji.

, ,

  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan komentar