Soal-soal Manajemen Investasi (2)

Oleh: Suprapto Estede

Baca terlebih dahulu semua materi atau artikel yang sudah ada (materi/artikel ke 11 s/d 20) dan fahami dengan sungguh-sungguh maksud dari setiap soal berikut ini, kemudian berikan jawabannya masing-masing dengan kalimat yang baik dan jelas :

  1. Bagaimanakah prospek investasi properti di Indonesia jika dibandingkan dengan di negara-negara kawasan regional (Singapura, Malaysia, Vietnam, Hongkong, dll).? Dan menurut Kepala Riset Jones Lang Lasalle Indonesia Anton Sitorus, masih terdapat karakteristik yang melekat dalam investasi properti di Indonesia. Jelaskan.
  2. Sebutkan dan jelaskan tiga faktor penentu keberhasilan investasi properti!
  3. Dalam berinvestasi properti harus diperhatikan bahwa ada 5 (lima) jenis hak yang melekat pada suatu properti. Sebut dan jelaskan masing-masing hak dimaksud secara singkat.
  4. Apakah Manajer Investasi (MI) itu, dan mengapa dalam memulai berinvestasi harus terlebih dulu mencari informasi dan memilih MI? Jelaskan.
  5. Eko P. Pratomo, Senior Advisor BNP Paribas yang juga penulis buku Berwisata ke Dunia Reksadana, memaparkan ada beberapa pilihan produk reksadana. Sebut dan jelaskan.
  6. Apa itu reksadana? Dan apakah kelebihan reksadana jika dibandingkan dengan menabung biasa?
  7. Mengapa banyak orang memilih berinvestasi di reksadana? Jelaskan pula risiko berinvestasi reksadana.
  8. Apakah pasar modal (capital market) itu, dan instrumen-instrumen keuangan apa saja yang diperjualbelikan di pasar modal?
  9. Apakah yang Anda ketahui tentang sejarah dan perkembangan pasar modal di Indonesia? Uraikan secara ringkas.
  10. Jelaskan secara ringkas investasi dalam perspektif syariah dan prinsip-prinsip ekonomi Islam yang harus diperhatikan dalam berinvestasi syariah!
  11. Sebagaimana institusi modern, pasar modal tidak terlepas dari berbagai kelemahan dan kesalahan. Salah satunya adalah tindakan spekulasi. Jelaskan, bagaimana prinsip pasar modal syariah dalam memandang masalah spekulasi ini!
  12. Uraikan secara ringkas Sejarah perkembangan industri keuangan syariah, khususnya pasar modal syariah, di Indonesia! Dan jelaskan, apakah perbedaan mendasar antara pasar modal konvensional dengan pasar modal syariah?
  13. Apakah obligasi itu? Dan sebagai sebuah instrumen investasi, apakah keuntungan dan risiko obligasi?
  14. Sebagai surat utang, obligasi memiliki beberapa karakteristik. Sebutkan dan jelaskan beberapa karakteristik obligasi dimaksud!
  15. Apakah yang dimaksud dengan investasi emas itu? Jelaskan beberapa kelebihan dan kekurangan investasi emas, khususnya investasi emas yang memiliki bentuk fisik!

“Man Jadda Wajada”

Barangsiapa yang bersungguh-sungguh, pasti akan mendapatkan hasilnya.

Semoga sukses…!

,

  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: