Tiga Faktor Penentu Investasi Properti

Natalia Ririh & A. Wisnubrata

investasi properti1KOMPAS.com – Bila Anda sudah mantab untuk berinvestasi di sektor properti seperti rumah atau apartemen, maka perhatikan tiga faktor penentu keberhasilan investasi. Tiga faktor tersebut adalah lokasi, harga, serta legalitas dan rencana pemerintah.

Lokasi

Dalam berinvestasi properti, lokasi merupakan faktor yang membuat investasi Anda begitu diminati. Pilihlah lokasi yang mudah dijangkau dan terpantau. Hal ini berkaitan dengan pengawasan. Jika sudah terlanjur membeli tanah yang jauh dari pengawasan, percayakan pada orang yang bisa dipercaya.

Untuk lokasi strategis perhatikanlah akses jalan. Jangan pernah membeli tanah atau rumah dengan akses jalan buruk karena tidak akan berkembang. Selain itu, sumber air juga penting, karena air merupakan kebutuhan vital. Periksa pula apakah daerah tersebut bebas banjir. Pengecekan sebaiknya dilakukan dengan datang ke langsung ke lokasi.

Harga

Harga yang terbaik untuk membeli tanah sebenarnya harga di bawah Nilai Jual Obyek Pajak (NJOP) tanah. Harga yang cukup adil adalah harga yang sama dengan harga NJOP.  Untuk mendapatkan harga terbaik, lakukan survei dengan harga properti di kawasan sekitar sebagai perbandingan. Sebagai catatan, semakin bagus lokasinya biasanya semakin mahal harganya.

Legalitas dan rencana pemerintah

Untuk berinvestasi perhatikan pula status tanah.  Untuk itu, konsultasikan dengan notaris atau pejabat pembuat akta tanah sehingga membantu pengecekan. Atau bila properti tersebut rumah, maka pastikan sertifikasinya lengkap. Pastikan pula rencana pemerintah terhadap daerah tersebut. Informasinya bisa didapatkan dari dinas tata kota setempat.

Selain ketiga hal tersebut, hal lain yang penting dipertimbangkan adalah luas tanah, bentuk, lokasi, kondisi, permukaan tanah, sisi menghadap jalan, jalur pembuangan air, kontur tanah, kondisi lingkungan dan daya pandang.

Sumber: Supriyadi Amir, Sukses Membeli Rumah Tanpa Modal, Laskar Aksara

http://properti.kompas.com/read/2012/04/25/12262458/Tiga.Faktor.Penentu.Investasi.Properti

,

  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: